Thursday, August 15, 2013

7 Custom ROM Terbaik untuk Samsung Galaxy S3 i9300



Dengan menggunakan custom ROM yang tepat untuk smartphone Anda, performa perangkat Anda akan meningkat, baterai akan lebih hemat, dan tentu saja mudah untuk diubah suai. Tertarik dengan custom ROM tapi masih bingung custom ROM apa yang paling cocok untuk Anda dan Galaxy S3 Anda? Berikut ini 5 custom ROM terbaik untuk Samsung Galaxy S3 menurut CNET. Namun sebelum Anda memutuskan untuk memasang custom ROM tentu saja oprekers harus melakukan root smartphone Samsung Galaxy S3 Anda. Jangan lupa backup data terlebih dahulu sebelum root. Langsung saja kita simak daftar 5 custom ROM terbaik untuk Samsung Galaxy S3 di bawah.
Kami telah  mengekelompokkan ROM yang bisa Oprerkers gunakan melalui langkah-langkahnya, menimbang fitur ekslusif dan kinerja, di samping yang paling sangat penting adalah faktor stabilitas. Baca terus untuk round-up dari tujuh custom ROM terbaik untu SGS3 di bawah ini :

I. Memulai
Jika Oprekers ingin mencoba salah satu ROM ini, Oprekers harus me-rooting ponsel Oprekers terlebih dahulu. Kami telah menulis sebuah panduan praktisnya di sesi rooting dan menunjukkan kepada Oprekers bagaimana cara untuk melakukannya, di samping itu akan memandu tangan kita melalui bagian-bagian rumit dari cara penginstalan Custom ROM. Hanya perlu diingat bahwa jika handset atau perangkat  S3 Oprekers adalah  versi I9300 – karena custom ROM di bawah ini kompatibel dengan versi tersebut.
Cukup basa-basinya, mari kita membahas custom ROM tersebut :

1. CyanogenMod
cyogenmod
CyanogenMod, sekarang dalam versi 10.1 dan mendukung sejumlah besar handset Android,  dan merupakan  salah satu ROM paling populer di kalangan Oprekers pastinya. S3 ROM tidak tercantum di website utama tetapi tetap tersedia untuk diunduh di sini.
Meskipun tidak berada di dalam situsnya,  pengalaman yang benar-benar baik pada S3 cusrom ini – benar-benar stabil, tanpa crash di waktu membuka banyak aplikasi dan menawarkan rasa yang baik dari “kehidupan” Jelly Bean.
Dari sisi kinerja dapat kita bandingkan melalui uji benchmark (quadrant/antutu), dimana CyanogenMod lebih unggul dibandingkan firmware aslinya. Sedangkan di sisi performa CyanogenMod antara lain memberikan pilihan themes yang lebih variatif, codec untuk FLAC (Free Lossless Audio Codec), klien OpenVPN, menu reboot, dukungan overclocking CPU, layar sentuh yang lebih responsif , toggleswitch yang bisa diatur, serta peningkatan pada interface dan tampilan.
Sangat bersih dan menarik, antarmuka manis secara default mengingatkan pada Google Nexus 4, tetapi memiliki lebih banyak kustomisasi untuk itu, termasuk berbagai pilihan theming dan OpenVPN untuk membuat koneksi jaringan aman. Goggles Telepon berjanji untuk menyaring nomor telepon yang dipilih untuk saat-saat ketika Oprekers perlu dibiarkan tidak terhubung, seperti memblokir pacarmu dari menelepon Oprekers selama rapat kerja.
Di atas ini, kinerja halusnya membuatnya menyenangkan untuk digunakan dan masa pakai baterai tidak buruk juga. Pada saat menggunakan Spotify, menelepon, SMS dan browsing internet 3G, S3 saya masih memiliki 26 persen baterai yang tersisa setelah 16 jam.
Kunjungi situs official-nya : Cyanogenmod
Kunjungi thread official-nya : cm10.1

2. AOKP
AOKP-Jelly-Bean
AOKP (Android Open Kang Project)  merupakan versi stabil terbaru dengan berbagai patch untuk bug dan peningkatan fitur sebelum Google merilis Android 4.2.2. Team AOKP mengingatkan bahwa pengguna jangan sampai melaporkan isu seputar masalah bluetooth karena masalah ini baru bisa diselesaikan pada OS Android terbaru nantinya yakni versi 4.2.2.
Pada versi terbaru AOKP menyertakan beberapa fitur baru pada Jelly Bean MR1 Build 3 seperti 3 mode User Interface yang bisa dipilih pengguna yakni mode Phone, Phablet dan Tablet. Fitur lainnya yakni pengaturan transparansi, dual panel for any DPI, Car Home, timeout and instant lock for Slide to unlock, quick unlock, dan masih ada beberapa yang lainnya.
Saat ini JB MR1 Build 3 tidah hanya support untuk sgs3 saja tapi  sudah support berbagai perangkat seperti a510 (Acer Iconia Tab A510), hercules (Galaxy S2 T-Mobile), i9100 (Galaxy S2 International / Exynos), i9100g (Galaxy S2 International / OMAP),
Kunjungi situs official-nya : AOKP
Kunjungi thread official-nya : AOKPREVOLT

3. Energy HD 2.0
energyhd
Energy HD 2.0 adalah salah satu jenis ROM yang menawarkan tampilan yang sederhana namun menitik beratkan pada performa dan ketahann baterai yang lebih baik. Dilihat dari tampilan mukanya, ROM ini terlihat kosong dengan membuang banyak aplikasi yang memberatkan performa Android. Namun sepertinya ROM ini terlalu membabi-buta dalam menghapus aplikasi karena ada beberapa aplikasi dan widget berguna terbuang. Tapi tentu saja Anda bisa menginstal kembali aplikasi yang Anda butuhkan. ROM ini menyerap daya sangat kecil, dalam 18 jam pemakaian baterai hanya turun 44%. Hebatnya lagi performa perangkat akan meningkat dan semua terasa lebih cepat.
Kunjungi thread official-nya : Energy HD

4. MIUI Rayglobe
rayband-miui
MIUI adalah satu ROM yang populer di luar sana dan saya cukup puas dengan memasukkannya pada Galaxy S2 saya untuk beberapa waktu. ROM ini adalah sebuah perubahan besar dengan bagaimana Android bekerja, dan membuat seluruh pengalaman merasa lebih seperti iOS. Oprekers bisa, tentu saja, menyesuaikannya dengan tingkatan ke-n, seperti yang Oprekers harapkan dari custom ROM – widget, tema, atau apapun.
Versi Rayglobe ini hadir dengan proses penginstalan yang sangat mudah. Tinggal mengikuti langkah melalui ClockworkMod dengan menggunakan fasilitas bantuan instalasi dan penggunaan layar sentuh kita bisa memilih aplikasi dari awal sehingga kita bisa menentukan ringan atau beratnya performa smartphone kita nantinya.
Fitur-fitur di dalam MIUI memungkinkan kita untuk memilih aplikasi produsen, misalnya dengan memungkinkan proses menginstalasi pemutar musik Sony Xperia atau HTC beats secara bersamaan.
Sayangnya ROM ini masih berbasis Ice Cream Sandwich, dan oleh karena itu performanya masih sedikit lebih lambat dibandingkan dengan tiga ROM Jelly Bean sebelumnya. Tapi jika Oprekers menyukai tema tampilan ala minimalis khas MIUI, Kita akan terbius dan akan menyukai ROM MIUI ini. Silakan dicoba sendiri.
Kunjungi thread official-nya : MIUI
Kunjungi situs official-nya : MIUI

5. Liquid Smooth Jelly Bean Edition
liquid-screens
Rasa Jelly Bean lainnya yang ditambah dengan Liquid Smooth. Sepintas, ROM ini tampak seperti ROM vanilla Jelly Bean ROM, tapi pilihan kustomisasi yang termasuk di dalamnya dan kelancaran pada paket ROM ini membuatnya layak untuk dipertimbangkan. Jika
Oprekers tidak menyukainya, cut saja CyanogenMod.
Faktanya, banyak opsi yang dipersiapkan untuk digali lebih dalam. Bagian lunak Liquid ini mengambil alih seksi ekstra dari standar menu pengaturan Android, yang memungkinkan bagi kita untuk mengkustomisasi semuanya mulai dari mengganti warna teks pada lock screen sampai optimasi prosesor. Jika kita mencari ROM yang dapat mengubah hal-hal kecil, ROM ini adalah pilihan yang tepat.
Kunjungi thread official-nya : Liquid jellybean

6. Premium ROM Hawkish
hawkish-premium-lite
ROM ini menjanjikan performa, kecepatan dan stabilitas, seperti custom ROM lainnya. ROM Hawkish untuk Galaxy S3 ini menghapus banyak aplikasi bawaan Samsung. Secara performa ROM ini cukup cepat dengan berbasis Jelly Bean. Penggunaan daya baterai juga
lumayan efektif, bekerja berat selama 10 jam termasuk kegiatan telepon, berkirim pesan, browsing, dan sebagainya hanya membutuhkan sekitar 40% dari daya tahan baterai. Seperti custom ROM yang lain, pilihan untuk mengubah sesuai dengan keinginan Oprekers juga terbuka lebar. Namun pengaturan bawaan juga sudah cantik dan cepat.
Kunjungi thread official-nya : Premium hawkish

7. SlimBean
slim-bean-s3
Dari semua hasil percobaan tersebut, Slimbean merupakan ROM yang cukup ringan. Karena dengan menginstal custom ROM ini, kita akan mendaptakan aplikasi-aplikasi yang terinstall tidak dengan bawaan Samsung-nya sesuai dengan namanya “SLIM”. ROM ini sudah dalam versi Android 4.2.2 yang juga merupakan OS Android versi Jelly Bean. Memang Slimbean ini secara default tidak menyertakan aplikasi Google, namun Oprekers dapat instalasi GAPPS tambahan yang disediakan oleh Slimbean sehingga Android anda tetap dapat terhubung ke aplikasi Google. Custom ROM ini ukurannya hanya sebesar 100-150mb dan merupakan yang terkecil dari semua ROM di atas, kita tidak akan menyesal untuk mengintall custom ROM ini.
Kunjungi thread official-nya : Slimbean
Kunjungi situs official-nya : SlimbeanWEB
Dari ketujuh custom ROM yang sudah dibahas,semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung Oprekers lebih menyukai performa, tampilan, atau hanya ingin menginkatkan kinerja baterai. Silakan dites sendiri dan jangan lupa untuk
memberikan komentar atau pertanyaaan di bawah. Selamat mencoba ! :)

Credits : XDA DEVELOPER | Cnet

No comments:

Post a Comment